Minggu, 09 Desember 2007

Kegiatan Pendidikan dan Ciri Khas

1. Pendidikan sekolah

Jenis/jenjang pendidikan sekolah yang diselenggarakan Pondok Pesantyren Al-Istiqamah meliputi: Taman Kanak-kanak Islam (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA), Semua jenjang pendidikan tersebut bernaung di bawah Departemen Agama. Sehingga kurikulum yang digunakan adalah dari Departemen Agama ditambah dengan kurikulum lokal (pesantren).

2. Pendidikan kepesantrenan

Pendidikan pesantren yang diselenggarakan adalah Madrasah Diniyah Salafiah, yaitu kajian kitab-kitab salafiah (kuning). Dalam kajian kitab kuning, santri terlebih dahulu dikelompokkan sesuai jenjang sekolah/madrasah.

Materi yang diberikan sesuai kelompoknya yaitu:

@ Kelas I : baca tulis al-Qur'an. tauhid, fiqih, akhlaq, imla', lughah, sharaf dan makhfudhat.

@ Kelas II : Tafsir, hadits, nahwu, tarikh, fiqih, lughah, dan makhfudhat.

@ Kelas III : Tafsir, hadits, nahwu, tarikh, fiqih, lughah, sharaf, tasawuf, ushul fiqih, ushul tafsir dan balaghah.

Kitab yang digunakan adalah: Fiqih (Mabadi' al-Awaliyah, Fath al-Qarib), ushull fiqih (Waraqat), tauhid (Aqidat al-Awam, Aqaid al-Diniyah, Jawahir al-Kalamiyah dan Hikam), akhlaq (Akhlaq li al-Banin, Washoya dan Ta'lim al-Muta'alim), Al-Qur'an (Hidayat al-Mutafidz, Hiadayat al-Sibyan, Matan Jazariyah dan Al-Itqan), tafsir al-Qur'an (Jalalain), dan hadits (Makhfudzat, Tarqib wa al-Tarqib dan Bulugh al-Marom).

3. Pendidikan keterampilan

Kegiatan keterampilan yang diselenggarakan adalah keterampilan pertukangan dan menjahit.

4. Ciri khas

Pondok Pesantren Al-Istiqamah mempunyai ciri khas yaitu penggunaan ilmu alat terutama bahasa Arab (Nahwu-Sharaf) yang akan menjadi bekal untuk mengkaji kitab kuning.

Tidak ada komentar: